Pantai Ngrenehan


Pantai Ngrenehan, terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Berjarak sekitar 30km dari Wonosari atau sekitar 60km dari pusat kota Jogja. Masih dalam satu kawasan dengan Pantai Ngrenehan kurang lebih 1 km di sebelah Barat terdapat Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Pantai Ngrenehan dan Pantai ngobaran hanya dibatasi oleh satu batu karang yang menjulang tinggi.  Masih banyak orang yang belum mengetahui pantai ini karena letaknya yang tersembunyi dan akss jalan menuju pantai ini yang meliuk-liuk.

Lokasi menuju Pantai Ngrenehan kita bisa ambil jalur dari kota Yogyakarta menuju kota Wonosari, setiba di lapangan Gading, belok arah Playen, Paliyan, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Trowono. Etape Rute Paliyan-Trowono merupakan rute yang sangat menarik bagi penyuka penjelajah. Rute ini kita melewati hutan Sodong dengan jalanan naik turun dengan panorama alami dimana sesekali kehadiran monyet kita temui sedang menyeberang jalan. Untuk memudahkan mencapai kedua pantai ini kita mengikuti papan petunjuk menuju Pantai Ngrenehan. Melewati mata air Namberan Trowono, kemudian di teruskan di Kanigoro, Saptosari. Tidak lama kemudian, ada pertigaan dengan papan penunjuk arah: ke kanan Pantai Ngobaran, dan ke kiri Pantai Ngrenehan. Ikutilah papan petunjuk tersebut, dan tibalah Anda di pantai eksotis ini. 

 Dipantai ini hampir sama dengan Pantai Baron, banyak kita jumpai perahu-perahu nelayan berjejer dngan rapinya dipinggir pantai. Anda akan di manjakan dengan pemandangan para nelayan yang sedang  bergelut dengan ombak, mereka menghindari ombak yang besar. Selain itu anda dapat meihat para nelayan  pulang dari menangkap ikan dan menjual hasil tangkapannya disekitar pantai. Disini anda dapat memberli oleh-oleh ikan segar di tempat pelelangan ikan , tetapi jika anda tidak ingin repot, anda pun dapat makan disini karena banyak terdapat warung-warung yang menjajakan aneka makanan olahan seafod. Di sekitar pantai ini juga terdapat kampung nelayan karena rata-rata penduduk sekitar menggantungkan hidup nya dengan hasil tangkapan ikan di laut. Sembari menunggu pesanan makanaan, anda dapat bermain-main air, menikmati ciptaan Sang Illahi yang begitu mempesona dihadapan anda. Bermain-main pasirnya, menikmati deburan ombak yang menabrak karang atau memancing di batu-batu karang. Dan, anda juga dapat menikmati pantai ini dari ketinggian, yaitu dari sebuah bukit yang berada di samping pantai ini.

Adakah diantara kalian yang sudah pernah mengunjungi pantai ini?? Jika belum, ayo segera ke Yogyakarta. Ada banyak pantai di gunung kidul yang membuat kita akan takjub atas keindahan alam ciptaan Tuhan, dan Pantai Ngrenehan ini adalah salah satunya

Hayukjalan.com