Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan terletak di Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, untuk mencapai lokasi pantai ini, Anda bisa berjalan dari Pantai Ngobaran melalui sebuah bukit karang dan melewati lembah. Pantai Nguyahan tepat di sebelah Barat Pantai Ngobaran dengan jarak sekitar 200 meter. Jalan yang belum baik serta tidak adanya papan petunjuk ke arah pantai menjadi penyebab para wisatawan tidak banyak yang mengetahui ada pantai seindah Nguyahan. Lokasi menuju Pantai ini kita bisa ambil jalur dari kota Yogyakarta menuju kota Wonosari, setiba di lapangan Gading, belok arah Playen, Paliyan, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Trowono. Etape Rute Paliyan-Trowono merupakan rute yang sangat menarik bagi penyuka penjelajah. Rute ini kita melewati hutan Sodong dengan jalanan naik turun dengan panorama alami dimana sesekali kehadiran monyet kita temui sedang menyeberang jalan. Untuk memudahkan mencapai kedua pantai ini kita mengikuti papan petunjuk menuju Pantai Ngrenehan. Melewati mata air Namberan Trowono, kemudian di teruskan di Kanigoro, Saptosari. Tidak lama kemudian, ada pertigaan dengan papan penunjuk arah: ke kanan Pantai Ngobaran, dan ke kiri Pantai Ngrenehan. Ikutilah papan petunjuk tersebut, dan tibalah Anda di pantai eksotis ini.

Jalan Menuju Pantai Nguyahan
Dari parkiran Pantai Ngobaran kita bisa menyusuri jalan berbatu nan menanjak dan akan terlihat pasir putih yang datar,deretan gubug-gubug tepi pantai dan rumah para penduduk sekitar. Pantai Nguyahan terbentang cukup panjang, sehingga anda dapat menjelajah menyusuri pantai ini. Anda akan melihat tebing yang menjulang tinggi yang puncaknya akan terlihat bangunan-bangunan ibadah. Bangunan ini berada di Pantai Ngobaran. Lokasinya tidak seramai pantai yang lain, ditambah suara desiran ombak dan hembusan angin, membuat suasana bersantai di pantai ini semakin nyaman di tambah dengan hamparan pasir, cobalah anda untuk duduklah menghadap ke laut lepas, rasakan sennsasi keheningan dan suara-suara angin dan deburan ombak, dijamin ahti anda akan merasakan ketenangan. Di pantai ini anda bisa melakukan olahraga pantai, semacam sepakbola, voli pantai atau juga selancar. Pantai Nguyahan memiliki kekhasan terletak di kedua sisi pantai ini. Di sisi barat lokasi ini bisa digunakan untuk tempat pre wedding ataupun kegiatan fotografi yang sangat mendukung.

Pantai Nguyahan Dilihat dari Atas
Untuk fasilitas di Pantai Nguyahan masih cukup terbatas, belum terdapat penginapan di sekitar pantai. Sudah terdapat warung, namun warung-warung tradisional. Terdapat juga lahan parkir, kamar mandi serta tempat ibadah. Jika masih bingung di perjalanan, jangan malu bertanya pada penduduk sekitar. Penduduk  sekitar cukup ramah dan dapat membantu Anda menemukan letak wisata ini.