Pantai Sadeng



Pantai Sadeng berada di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.  Berjarak 80 KM dari pusat kota Yogyakarta dan berbetasan dengan Pracimantoro, Wonogiri Jawa Tengah. Sebelum tiba di pantai ini, anda akan dimanjakan dengan rute alam pegunungan kapur yang menantang dan eksotis. Pantai ini memiliki tiga sisi lain yang menarik, pertama yaitu Pantai Sadeng ini terletak di paling timur diantara pantai-pantai lain yang berada di Gunungkidul. Sebenarnya di timur Pantai Sadeng masih terdapat pantai-pantai tetapi tidak terkenal dan belum terjamah manusia bahkan belum diberi nama dan terdapat teluk Wonogiri. Yang paling dekat dengan Pantai ini adalah Pantai Jungwok dan Pantai Wediombo yang terletak disebalah baratnya. 

Tempat Pelelangan Ikan
Yang kedua adalah Pantai Sadeng ini merupakan pusat pelelangan ikan terbesar. Di sini juga terdapat pelabuhan yang sudah dilengkapi mercusuar seperti yang terdapat di Pantai Drini dan Pantai Baron, mercusuar ini untuk mendukung aktivitas perikanan. Terdapat juga koperasi untuk membantu para nelayan. Jadi jangan heran jika di Pantai ini hilir mudik para nelayan dan perahu-perahu. Anda dapat melihat pemandangan para nelayan membersihkan perahunya, mengangkut ikan hasil tangkapannya ke tempat  pelelangan ada juga yang merapikan jaring, menggiling es batu yang akan dimasukan di kotak ikan , kadang juga ditemui para nelayan yang hendak melaut. Mereka sibuk dengan aktivitas perikanannya. Di Pantai Sedeng ini terkenal dengan lobster nya dan ikan-ikan ekspor lainnya. Anda dapat membeli oleh-oleh ikan yang masih segar atau langsung menikmati sajian masakan  ikan laut disini.


Yang ketiga adalah bisa dijadikan wisata geologi atau wisata sejarah mengingat dahulunya aliran sungai bengawan solo sempat bermuara di pantai Sadeng ini. Dari Pantai ini kita dapat melihat lekukan dan sisa-sisa keelokan alur sungan Bengawan Solo yang masih bisa terlihat sangat mempesona. Menurut beberapa sumber, alur aliran sungai ini berpindah karena terjadinya pergerakan lempeng Indo Australia. Dalam perjalanan menuju Pantai Sadeng, beberapa ratus meter jalur aliran Bengawan Solo Purba bisa dinikmati pemandangannya. Jalur aliran itu bisa dilihat setelah sampai di dekat plang biru bertuliskan "Girisubo - Ibukota Kecamatan". Berhenti sebentar di pinggir jalan menuju ke arah pantai atau berjalan pelan-pelan merupakan cara paling tepat untuk menikmati pemandangan bekas aliran ini, sekaligus jika anda ingin mengabadikan dalam jepretan foto. 
 
Di Pantai Sadeng ini, anda dapat menyusuri pantai di sebelah timur dan menuju gundukan pasir yang berada di dekat mercusuar, pemandangan laut lepas akan nampak jelas beserta deburan ombaknya. Tidak seperti di Pantai Gunungkideul pada umumnya, Pantai Sadeng tidak banyak memiliki akrang-karang raksasa yang berdiri dengan kokohnya, sehingga pemandangan mata anda tidak akan terhalang

Selamat berlibur di Pantai Sadeng Gunungkidul....

Hayukjalan.com