Air terjun Srigethuk


 Gunungkidul memiliki air terjun? Mungkin Anda kaget dan tidak percaya. Sepertinya informasi itu perlu dipertanyakan karena Gunungkidul terkenal dengan daerah yang keringdan tandus . Namun, jika Anda telah melihatnya langsung, komentar itu akan berubah seketika. Pun pula dengan gambaran Gunungkidul yang kering. Srigethuk, sebuah areal air terjun yang ada di Gunungkidul, Air terjun Sri Gethuk terkenal dengan nama air terjun Slempret karena lokasi air terjun tersebut bertempat di lokasi blok Slempret. di Dusun Menggoran, Desa Bleberan yang dikelola sepenuhnya oleh pemuda-pemuda desa setempat. Menemukan lokasi air terjun Srigethuk pun tidak terlalu sulit. Ada banyak papan penunjuk yang akan menghantar Anda sampai di lokasi. Selepas lapangan terbang Gading, Anda tinggal berbelok ke kanan. Setelah pasar Playen, ada pertigaan dengan papan penunjuk ke arah kanan. Ikuti terus jalan itu dan perhatikan papan petunjuknya Jalannya pun kini mulus , enak untuk dilewati kendaraan. Suasana ini berbeda dengan dua tahun lalu yang jalannya masih berbatu dan terjal , kini telah berganti dengan jalan aspal. Jalan menuju air terjun ini cukup indah dan mempesona. 

Rakit yang akan Membawa Anda Menuju Air Terjun
Yang unik dari tempat ini adalah tidak berasal dari aliran sungai utama. Justru air terjun Srigethuk membelah tebing sungai Oya dan menyatu dalam aliran yang sama. Air terjun demikian jernih, sementara air sungai Oya keruh. Perpaduan yang menarik untuk dinikmati. Setiba di parkiran anda akan dihadapkan pada mobil-mobil ber plat luar berjejer dengan rapi nya dan suasana yang ramai pengunjung. Untuk menuju air terjun ini ada alternatif pilihan, yang pertama, jika anda menyukai tantangan anda akan menyusuri jalan setapak dengan pemandangan sawah nan hijau sedangkan pilihan kedua adalah jika anda tidak ingin repot dan capek sebaiknya naik rakit sederhana yang terbuat dari drum bekas dan papan dan membayar sepuluh ribu rupiah untuk pulang pergi. Tak lama kemudian gemuruh suara air perlahan mulai terdengar yang menandakan akan segera melihat keindahan Sang Ilahi. terdapat 4 buah aliran air yang mengalir ke bawah. 2 buah aliran besar dan kecil bertemu di satu titik sedangkan 2 aliran lain langsung mengarah ke sungai Oya. Batu-batu besar, terjal dan licin pun menghiasi dengan cantiknya air terjun yang memiliki kertinggian sekitar 25 m ini mengalir cukup deras dan airnya sangat bening. Cocok untuk mandi atau hanya sekedar bermain air. Jika anda ingin berenang bisa di sungai bawah air terjun ini tetapi karena cukup dalam, disini juga menyewakan pelampung dengan menyewa sekitar lima ribu rupiah saja.

Sungai di Bawah Air Terjun yang Bisa Untuk Berenang
Untuk fasilitas terdapat banyak warung-warung menjajakan makanan khas Gunungkidul , terdapat juga kamar mandi untuk mengganti pakaian jka anda berbasah-basah ria.

Hayukjalan.com